Jejakcantik.com-Pada suatu masa, di akhir pekan dan dipenghujung bulan April. Para bloggers se “Kepulauan Riau” pada ngumpul di ajang talk show "Kumpul Blogger Kepri” yang diselenggarakan oleh Bintan Resorts a.ka. Lagoibay Bintan. Lokasi kegiatan berada di Plaza Lagoi Bay, tepatnya di Food* Gram lantai dua. Dengan narasumber yang super kece, walau awalnya jejakcantik sempat salah sangka dengan nama Eka Kurniawan. Aku kira Eka penulis puluhan novel gender sastra ternyata Eka Kurniawan penulis buku smart budged backpacker, Terry Endropotro (Influencer dan Blogger), Swastika Nohara (Scripts Writter), dan Rere (Travel Blogger) sebagai mediator.


 


Jejak cantik merasa senang bisa meninggalkan jejak di kegiatan yang sangat menarik itu. Bagaimana tidak, di sela-sela penghujung kegiatan ada narasumber lain yakni mas-mas yang suka ngilang eh… habis namanya @lostpacker alias mas Sutiknyo. Mereka  membagikan berbagai informasi yang sangat informative dalam menuliskan potret perjalanan. Kalian penasaran kan? Mulai dari yang mana dulu ya? Habis semua point yang aku dapat sangat menarik seh. Let’s start dengan kakak kece yang etnic banget gayanya.




Terry Endropotro a.k.a @negerikitasendiri  untuk instagram ID. Sebagai seorang traveler yang mencintai keindahan alam, budaya dan kuliner Indonesia membuktikannya dengan sudah mengelilingi 28 provinsi di Indonesia, kalau tak salah ingat ya! Soalnya gara-gara heboh usai acara di Rumah Imaji Lagoi Bay Bintan beberapa point penting nyangkut di tiang-tiang rumah imaginasi Lagoi Bay. Kesukaannya ketika berkujung ke suatu daerah dengan melihat ragam perbedaan dan mencoba baju adat. Nah, kebetulan kakak satu ini selama 4 hari discover Bintan Island sempat berkunjung ke Pulau Penyengat dan mencoba baju adat Melayu. Wah, pasti kebayang seru-seruan di Pulau Penyengat.


Satu hal lagi tips dari kakak Terry adalah jangan suka membadingkan daerah lain. Karena setiap daerah memiliki perbedaan dan keindahan yang tidak sama. Lebih asyik lagi jika punya kenalan di daerah atau lokasi yang akan dituju ketika berwisata. Ini salah satu caranya menekan budged dan pastinya orang lokal biasanya lebih tahu daerah mereka yang terkadang tidak eh belum terekspos media. Jadi, semakin seru dong kisah potret perjalanan. Menulislah dengan gaya kamu sendiri, karena setiap orang memiliki gaya imaginasi yang berbeda.

Sekilas Info: blog milik Terry dengan url blog.negerisendiri.com akan membawa pembaca mengikuti jejak pertualangannya dalam dunia jalan-jalan dan kuliner. Gaya tulisan yang ringan dan enak dibaca pastinya menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi Terry yang gemar menggunakan pakaian adat dan kain etnic khas Indonesia.

 
Lanjut ke Kak Swastika Nohara a.ka @swastikanohara. Siapa seh yang tidak tau film 3 srikandi, cahaya dari timur. Nah, Kak Tika, saapaan akrab dari Swastika Nohara inilah yang menulisnya. Namun, aku tidak membahas film ya di sini melainkan mengenai menulis potret perjalanan. Sebagai sosok perempuan yang demen traveling dengan perencanaan. Salah satunya dengan membuat itinerary untuk memudahkan ketika menelusuri daerah/Negara yang belum pernah dikunjungi. Bukan berarti setelah membuat itinerary semua akan berjalan sempurna. Pastinya ada konflik dan pengalaman ketika mencoba menjelajahi daerah/Negara lainnya. Hal inilah yang bisa dijadikan sumber tulisan perjalanan.
Menurut kakak penulis naskah film ini, sebuah blog travel yang bagus harus mengandung eh berisi kisah personal dan juga informative. Maksudnya adalah, kisah pengalaman pribadi ketika sedang jalan-jalan dan juga memberikan informasi mengenai lokasi, waktu, how to go there dan lain-lain. Sehingga pembaca yang mencari informasi akan mendapatkan apa yang dibutuhkan. Ini lebih mumpuni mendapatkan loyal readers. Tidak perlu takut dalam mengambil angle yang berbeda. Karena setiap orang memiliki cara pandang dan pengalaman yang berbeda.


Misalnya, cara sudut pandang penulisan berbeda satu dengan yang lain. Ketika dia berkunjung ke Bintan, khususnya Rumah Arang. Dia membayangkan puluhan tahun yang lalu. Ketika orang membuat arang di rumah tersebut, tidak ada jendela dan pastinya seperti apa ya? Bermain dengan imajinasi yang “liar” dan mengambil angle yang berbeda. Hal itu akan membuat tulisan akan berasa hidup dan menyenangkan untuk dibaca. 
Sekilas Info: blog milik Swastika dengan url Lifetimejourney.me ini blognya lebih ke personal experience ketika liburan. Dengan gaya bahasa yang mengalir dan ringan tentunya sangat menyenangkan untuk dibaca ya. Dia lebih menulis mengenai apa yang dipikirkan, dirasakan ketika berada di suatu kisah perjalanan.
A post shared by Eka Kurniawan (@ekaloco) on

Eka Kurniawan a.ka @ekaloco ID instagram jika ingin following aktivitas penulis smart badged backpacker. Siapa seh yang enggak ingin traveling baik ala luxury or backpacker tentunya setiap insan manusia pasti ingin merasakan pertualangan ke suatu negeri, kota yang nyata dan bukan hanya dalam imaginasi. Tips dari kak Eka ini adalah ikut forum dan bagikan rencana itinerary kalian, kapan rencana kamu ingin melakukan traveling dan apa saja kegiatannya. Nah, siapa tahu di dalam forum tersebut ada orang yang memiliki jadwal yang sama menuju suatu destinasi, contoh Singapura. Dari lokasi itu bisa berjumpa dan sharing cost untuk menekan biaya pengeluaran. Wah sepertinya tips ini perlu dicoba ya. Soalnya kan jejak cantik paling demen traveling seorang diri tetapi terkadang benggek dengan cost yang tinggi karena berpertualang seorang diri hahaha.

A post shared by Sutiknyo (@lostpacker) on

Terakhir sebagai narasumber dadakan adalah mas @lostpacker Id instagram dan juga url blognya lostpacker.com a.k.a Mas Sutiknyo. Siapa seh yang nggak kenal sosok photographer dan video maker plus blogger traveler. Wah, semuanya jadi satu ya hahaha. Hal itu bisa saja koq, abang eh mas-mas satu ini kasih bocoran setiap hari dia belajar dari melihat dan membaca tulisan blogger minimal 5 photos, videos untuk dipelajari sudut pengambilan gambar dan lain-lainnya. Sehingga kedepannya bisa menghasilkan karya yang lebih baik dan baik lagi. Jangan takut ketika hasil karya di “colong orang” dan jangan menjadikan hal itu membuat kita berhenti produktif. Sebab, jika memikirkan hal itu maka otak kreatif kita akan berhenti. I love this words so badly hahaha. That is truly good! Dia juga memberikan tips untuk menghasilkan photo pemandangan landscape yang bagus yakni jam subuh sampai jam 10, diantara jam 10 – 02 petang dia lebih memilih mengambil gambar kuliner dan jam 3 – 6 dia akan kembali keluar untuk mencari spot photo yang bagus.

Wah, banyak sekali informasi yang didapat mengenai menuliskan potret perjalanan. Jangan takut untuk mengekspresikan gayamu dan berkaryalah sesuai dengan kemampuan kamu. Gaya jejakcantik seperti apa ya? Jangan lupa juga dong follow group komunitas blogger Kepri yang super kece lho dan juga jejakcantik di @citrapandiangan. Stay tune terus ya di blog jejakcantik.com ini, karena pastinya akan banyak informasi menarik lainnya yang bisa kamu baca deh.




Bottom of Line
Setiap orang berbeda baik gaya hidup, pengalaman dan gaya menulis. Jangan takut untuk mengekspresikan kemampuan diri. Kamu bisa jika kamu berpikir bisa. Teruslah mencoba dan mencoba menemukan gaya kamu sendiri. Kamu yang lebih mengetahui siapa kamu! Bukan aku apalagi mereka. Sebab, setiap manusia dilahirkan dengan cara yang berbeda ada dengan persalinan normal, sesar dan bahkan ada yang penuh dengan drama. Karena itulah, jangan mencoba menjadi orang lain tetapi jadilah dirimu apa adanya yang penuh dengan imaginasi dan tidak PERNAH MENYERAH untuk menjadi orang yang lebih kreatif lagi. Be you and be creative. Find your passion and you will feel amazing with it! Thank you buat Lagoi Bay Bintan yang membuat event talkshow kece Ngumpul Blogger Kepri. Pada akhirnya, sebagian yang hanya tahu via group whatsapp komunitas blogger Kepri bisa pada copy darat nggak pakai kata “buaya” darat ya.

A post shared by Blogger Kepri (@bloggerkepri) on



Fill your day with love and step beauty feet



Fun Time it's you......

Artikel Terkait:

Silakan pilih sistem komentar anda

4 komentar untuk Menuliskan Potret Perjalanan

You've decided to leave a comment – that's great! Please keep in mind that comments are moderated and please do not use a spammy keyword. Thanks for stopping by! and God bless us! Keep Smile and Lovely Day