Nikmatnya Pisang Gapit, Kuliner Balikpapan
 
Jejakcantik.com- Beberapa minggu terakhir, Jejak Cantik lebih banyak mengulas mengenai tempat wisata yang ada di Balikpapan, seperti wana desa hutan bambu. Memang, kota minyak tersebut merupakan kampung halaman Jejak Cantik. Bahkan, sudah belasan tahun tidak pernah dikunjungi. Terakhir tahun 2010, begitu keluarga Jejak Cantik liburan ke Balikpapan; yang terbesit dalam pemikiran adalah merindukan kuliner yang di sana seperti pisang gapit, buras, coto makasar, soto banjar dan banyak sekali makanan lainnya. Quotes of the day, “Membicarakan liburan selalu satu paket dengan makanan. Liburan tanpa kuliner seperti sayur tanpa garam.” – Citra Pandiangan.

 

Teman sudah pernah ke Balikpapan? Pasti sudah mengetahui makanan khas Balikpapan, termasuk juga oleh-oleh yang wajib dibawa dari kota Balikpapan, bukan? Nah, kalau Jejak Cantik membawa kenangan ketika menikmati kuliner pisang gapit. Begitu tiba di bandara, sibuk aja membicarakan pisang gapit yang enak di mana. Berhubung pergi ke Balikpapan jatuhnya Jumat; Sabtu atau malam minggu-nya; Jejak cantik dibawa ke melawai. Wah, di sana ada juga pisang gapit.

 

Sepupu Jejak Cantik langsung mengorder spesial pisang gapit, tanpa diminta. Wow, rasa rindu itu pun terbayarkan. Meskipun tidak seperti yang diharapkan. Pasalnya, warna kuah kentalnya tidak terlihat menarik, serta rasanya cenderung terlalu manis. Alhasil, ini bukan seperti bayanganku. Alhasil, beberapa hari kemudian, salah seorang sepupu membawa beberapa bungkus pisang gapit. That’s right! Rasa yang seperti diharapkan.

 

Dengar-dengar ini merupakan pisang gapit legend. Bahkan, termasuk list tempat pisang gapit yang wajib dikunjungi. Jangan mengharapkan tempat yang fancy dan menarik. Namun, pastikan saja rasanya ENAK dan membuat kangen. Pisang gapit yang banyak direkomendasikan yakni pisang gapit yang berlokasi di kebun sayur. Masih belum ada kesempatan untuk pergi secara langsung.

 

Hingga, hampir 12 hari di Kota Balikpapan dan baru kesampaian juga melihat secara langsung tempatnya. Itu pun dikarenakan janjian berjumpa dengan sista Aisyah, teman blogger Balikpapan. Alhasil, ketika pergi ke sana cuaca sudah sangat panas. Kami pun berjumpa di kebun sayur. Kemudian jalan kaki menuju tempat menjual pisang gapit Nenek Bahari. Oh ia, lokasi google map tidak 100 persen akurasi ya. Yang pasti, tempat Nenek Bahari ini jualan berada di simpang empat. Kalau dari jalan minyak, turun di seberang kabun sayur market. Kemudian jalan dan nyeberang deh. Lokasinya berada di sana.

 

Di sana hanya menjual pisang gapit dan ada satu tenan yang menjual minuman segar seperti es teler, es gunung dan es buah. Jejak Cantik mencoba pesan es gunung, alhasil untuk es yang ada di sana. Kalau selera Jejak Cantik tidak masuk itungan; rasanya terlalu manis. Sehingga tidak bisa dinikmati dengan bahagia. Soalnya, cuaca panas kalau minum es pasti menyenangkan bukan? Nah, ini tidak seperti itu. Namun, soal pisang gapitnya. Dikarenakan makan di tempat, sehingga pisangnya masih hangat habis dibakar menggunakan arang. Bahkan kuahnya pun masih hangat. Ada irisan nangka, dan pisang gapit ini memang nikmat apabila dimakan masih dalam kondisi hangat. Sedap betul.

 

Terakhir mencoba makan pisang gapit di impress dekat TK Nusantara. Pisang gapit yang ada di sini jualannya hanya setiap Senin malam; alias saat ada bazar malam. Beruntung, kala itu mencoba juga. Harganya murah dan dapat banyak. Bahkan rasanya sama persis seperti pisang gapit legend tersebut. Bahkan, Jejak Cantik lebih suka beli yang di bazar tersebut. Soalnya, penjualnya ramah. Sedangkan penjual di pisang nenek bahari tidak ramah. Konon, kata mereka memang seperti itu karakternya. Sayang sekali ya.

 


Fill your day with love and step beauty feet



Fun Time it's you......

Artikel Terkait:

Silakan pilih sistem komentar anda

Jadilah orang pertama yang berkomentar!

You've decided to leave a comment – that's great! Please keep in mind that comments are moderated and please do not use a spammy keyword. Thanks for stopping by! and God bless us! Keep Smile and Lovely Day