Review: Damai di Wanadesa Hutan Bambu Balikpapan

wisata hutan bamboe balikpapan
 

Jejakcantik.com- Masih membahas tempat wisata kota Balikpapan, Kalimantan Timur.  Memang tidak ada habisnya, meskipun liburan singkat di kota minyak satu ini. Salah satunya wanadesa hutan bambu Balikpapan. Kebetulan, Jejak Cantik sempat menjelajah lokasi wanadesa Balikpapan. Quotes of the day, ”Holiday is not about how much money you have to spend; it is about how to get happy and relaxing during your me time.” – Citra Pandiangan.

wisata hutan bamboe balikpapan
 

Lokasi hutan bambu ini berada di Kilometer (KM) 15 Balikpapan Utara. Tentunya, jauh dari pusat kota Balikpapan, kamu juga bakalan melewati hotel platinum balikpapan. Menuju lokasi ini tidak sulit, kamu perhatikan saja di sebelah kanan jalan, jika ada tulisan pondok modern Asy-Syifa Balikpapan atau tepatnya jalan Giri Rejo. Sepanjang jalan menuju lokasi bamboo wanadesa ini, kamu akan melihat mobil-mobil besar seperti truck yang berjejer rapi disepanjang jalan. Kata salah seorang teman blogger Balikpapan, mereka sedang mengantri solar. Sehingga pemandangan ini, bagi masyarakat lokal Balikpapan bukan lah hal yang baru.

wisata hutan bamboe balikpapan

 

Untuk mencapai ke wisata wanadesa dari jalan besar atau utama sekitar tiga kilo meter. Ikuti saja jalur yang ada di Jalan Giri tersebut; tidak lama kemudian kamu akan melihat tulisan wisata wanadesa hutan bamboe. Untuk yang mengendarai mobil, mobilnya di parkir diluar. No, worry tersedia tempat yang luas untuk memakirkan kendaraan kamu. Sedangkan, yang mengendarai roda dua, bisa masuk ke dalam dan ada spot parkir sepeda motor di sana; tidak jauh dari loket untuk masuk ke wisata hutan bambu Balikpapan ini. Untuk sementara, harga tiketnya tidak dibandrol; melainkan sukarela kamu saja berapa yang ingin kamu berikan.


wisata hutan bamboe balikpapan

wisata hutan bamboe balikpapan
 

Jarak tempuh dari pusat kota ke Hutan Bambu Balikpapan yang berada di KM 15 ini sekitar 30 menit; namun rasa lelah terbayarkan ketika mendengar suara pohon bambu yang berbunyi; ketika angin bertiup. Secara fisiologis, suara angin yang bergesek dengan pohon bambu memberikan efek suara yang menyenangkan. Dimana suara tersebut membantu kita menurunkan tingkat stres, dan membuat kita merasa relax atau bersantai. Sehingga tidak heran, kalau kamu ketika liburan ke kota Balikpapan wajib menjelajah hutan bambu satu ini. Pasalnya, Jejak Cantik juga merasakan nyaman.

 

Sejauh mata memandang, dari gerbang masuk hutan bambu ini; Jejak Cantik melihat banyak sekali pohon bambu di sepanjang jalan dari sisi kanan maupun kiri. Bahkan pohon bambu di desain membentuk lorong. Nuansa alam, terasa kental dengan perpaduan suara kicau burung; bahkan sesekali kamu akan mendengar suara burung gagak turut menambah nuansa yang berbeda di hutan bambu ini.


wisata hutan bamboe balikpapan

 

Apalagi, pengelola wisata wanadesa hutan bamboe Balikpapan ini menjaga kebersihan. Sehingga tidak ada kelihatan sampah berserak. Di beberapa spot menyediakan tempat pembuangan sampah; jadi rasanya aneh, apabila ada pengunjung yang membuang sampah sembarangan. Pasalnya, untuk membuang sampah pada tempatnya bukan lah hal yang susah! Khusus, kamu yang demen posting di sosial media kamu; wisata ini menyediakan spot foto yang kece. Pastinya seru dan memenuhi memori ponsel atau kamera kamu lho. Ada banyak sekali spot foto yang menarik di sini.

 

wisata hutan bamboe balikpapan

wisata hutan bamboe balikpapan

Selain juga disediakan toilet yang bersih, ada ayunan dan juga pondok-pondok. Oh ia, waktu Jejak Cantik dan beberapa teman blogger Balikpapan sista Aisyah, sista Annisa Tang, sista Lidha, sista Rossana Simanjuntak dan sista Yosi; kala itu cuaca di sana tidak bisa diprediksi. Mendung dan gerimis, habis itu panas dan hujan lagi. Meskipun demikian; kami sempat dong fun dan foto-foto bersama; seru banget!! Suasana di hutan bambu itu memang membuat hati terasa tenang dan alam memang memiliki kekuatan magic membuat kita merasa terhibur dan berbahagia.

Tidak heran, banyak sekali teman-teman mulai sadar pentingnya me time dan liburan. Sebab, liburan itu tidak mesti mahal. Namun, makna dari liburan tersebut. Pohon bambu di wanadesa Bamboe ini tergolong rimbun, dan bahkan ada pemandangan waduk. Kamu juga bisa duduk-duduk santai di sekitar waduk, karena disediakan beberapa bangku untuk kamu bersantai. Selain juga, beberapa spot foto yang berlatar waduk manggar. Bahkan, ada beberapa pondok atau gazebo yang bisa kamu pakai untuk bersantai. Apalagi jika bawa bekal, wah bisa duduk di pondok sambil memandang waduk, maupun hutan bambu menikmati bekal yang dibawa. Jangan lupa main ayunan sambil membuat video keseruan di hutan bambu Balikpapan. 

wisata hutan bamboe balikpapan

wisata hutan bamboe balikpapan

wisata hutan bamboe balikpapan

Meskipun belum banyak fasilitas, tetapi jejak cantik merasa sangat senang bisa menikmati alam. Oh ia, jangan lupa untuk membawa lotion anti nyamuk ya. Namanya juga hutan, sudah pasti selain suara kicau burung liar, tupai, pastinya ada serangga yang bernama NYAMUK yang bisa membuat kamu jadi tidak nyaman untuk menjelajah hutan bambu ini. Berhubung, waktu Jejak Cantik berkunjung kemari dan masih suasana PPKM akibat korona. Sehingga belum banyak warung atau restoran yang buka. Jadi, membawa bekal makanan ringan dan minuman adalah wajib. Semoga beberapa tahun lagi, apabila Jejak Cantik liburan ke Balikpapan. Sudah ada banyak perubahan yang lebih baik lagi untuk desa wisata hutan bambu Balikpapan ini.


Menurut kamu, apakah kamu juga ingin berkunjung ke tempat ini? Meskipun jaraknya jauh. Namun, tempatnya sangat nyaman untuk dikunjungi. Kapan lagi, bisa mendengarkan suara nyata pohon bambu beradu dengan angin yang membuat nuansa hati menjadi lebih bahagia? Jangan lupa juga mencoba kuliner di Balikpapan, salah satunya coto makkasar.

 

 YOUTUBE CHANNEL JEJAKCANTIK

XXX

 


Fill your day with love and step beauty feet



Fun Time it's you......

2 comments:

  1. Kok, serasa berkunjung ke Korsel ya? Hehehe. Masyaallah, di Indonesia saja ternyata punya wisata hutan bambu yang nuansanya kayak liburan di luar negeri. Semoga saya bisa mampir ke wanadesa hutan bambu Balikpapan ini, aamiin

    ReplyDelete
  2. Ini keren banget, Kak. Aku pernah menjadikan Balikpapan sebagai kota tujuan buat refreshing saat masih kerja di Sangatta. Sayangnya, waktu itu belum tahu ada tempat sekeren hutan bambu ini. Jadi, ya aku pingin menjelajah ke sana.

    ReplyDelete

You've decided to leave a comment – that's great! Please keep in mind that comments are moderated and please do not use a spammy keyword. Thanks for stopping by! and God bless us! Keep Smile and Lovely Day

Instagram