Bisakah Perempuan Solo Traveling?




Jejakcantik.com- Sering merasa kecewa buat janjian liburan atau jalan-jalan bareng selalu berakhir dengan kata WACANA. Ya, Jejak Cantik juga pernah merasakan hal yang sama. Hal itu seperti menguras tenaga untuk kesia-sian. “Liburan adalah hal yang menyenangkan, merencanakan liburan bisa membuat bahagia. Bahkan, kebahagiaan double ketika bisa direalisasikan.” – Citra Pandiangan.

 

Jejak Cantik bukan lah seorang pemberani maupun yang tahu bela diri. Namun, rasa kecewa dan patah hati dikarenakan selalu GAGAL mencapai tujuan. Padahal, sudah susah payah untuk membuat rencana liburan bersama teman, hanya menjadi impian. Mencoba untuk liburan seorang diri, banyak yang menentang. Alasan sederhana, kamu tuh perempuan, berbahaya liburan sendiri. Namun, opini dan tanggapan tersebut Jejak Cantik tepis. Akhirnya, di tahun 2014 lalu, Jejak Cantik berhasil traveling seorang diri selama 35 hari keliling Indonesia di beberapa tempat.

 

Alasan apa yang membuat Jejak Cantik bisa traveling dan ingin berbagi dengan pembaca Jejak Cantik? Bepergian sendiri memberi perasaan kebebasan dan kemandirian. Sejak, Jejak Cantik mulai bepergian sendiri, ada perasaan lebih mampu, lebih kuat, dan lebih bebas daripada yang pernah dimiliki. Memang, tidak sedikit teman ataupun keluarga yang selalu beranggapan berpergian seorang diri merupakan ide buruk. Namun, sejauh ini berpergian seorang diri mengubah Jejak Cantik menjadi seseorang yang mandiri, bahagia dan bersyukur. Sebab, ada banyak hal yang dipelajari selama berpergian.

Jujur, Jejak Cantik berpikir setidaknya perempuan harus merasakan berpergian seorang diri, setidaknya sekali dalam hidup mereka. Nah, untuk bisa berpergian seorang diri bagi perempuan yang belum pernah melakukannya. Jejak Cantik akan berbagi pengalaman.

 

Menginap di hostel  

Suasana di hostel biasanya sangat sosial, sehingga tempat yang sempurna untuk bertemu wanita lain yang bepergian sendirian. Bahkan kita bisa mencari tahu tentang acara lokal, dan membantu menghilangkan kesepian yang mungkin dialami. Jejak Cantik sempat mendaftar di worldpackers dengan biaya admin tidak terlalu besar. Dimana worldpackers merupakan komunitas yang aman untuk berpergian, dan menjadi sukarelawan. Namun, sayang masih belum sempat digunakan.

 

Packing Barang Seperlunya

Namanya liburan atau berpergian seorang diri, otomatis harus membawa semua barang sendirian. Sehingga, ada baiknya membawa barang yang penting dan dibutuhkan. Tidak perlu membawa banyak barang. Semakin ringan tas yang dibawa, maka semakin enak kita berjalan. Sebagian besar solo traveler wanita luar negeri demen berpergian menggunakan ransel, dibandingkan KOPER. Memang, ransel lebih fleksibel dan mudah, serta praktis dibawa kemana saja.

 

Berdasarkan pengalaman pribadi, Jejak Cantik yang berpergian membawa barang banyak yang dikemas dalam koper dan ransel. Jujur, hal itu selain mengganggu, juga membuat tangan kita tidak bebas bergerak. Tidak ada salahnya, membawa barang seperlunya.

 

Berpergian Tak Selamanya Menyenangkan

Ingat, jangan membayangkan indahnya tempat yang akan dikunjungi. Kita juga harus bersiap menghadapi persoalan yang tidak diharapkan. Persiapan tidak hanya berupa barang seperti pakaian, skincare dan sebagainya yang harus disiapkan. Melainkan juga dokumen dan keperluan lainnya. Selain itu, siapkan mental dan rencana ketika menghadapi situasi terburuk, seperti tersesat ataupun dicuri.

 

Santai

Bepergian memang menyenangkan dan seru, namun bisa membuat stres juga. Sebab, itu santai dan nikmati alur yang ada. Hidup itu bisa seperti air yang mengalir. Penting untuk tetap

berpikiran terbuka, dan jangan biarkan satu interaksi yang tidak menyenangkan dengan penduduk lokal atau bahkan tas curian merusak perjalanan.

 

Buat Rencana

Pergi ke tempat baru yang belum pernah dikunjungi, tentu kita harus membuat rencana. Namun, jangan fokus dengan rencana itinerary. Jalani semua dengan penuh sukacita dan bahagia. Memang, mengetahui tujuan kemana kita akan pergi itu PENTING. Namun, jangan sampai apa yang sudah direncanakan, tidak berjalan sesuai dengan keinginan bisa membuat kita menjadi bete dan uring-uringan.

 

Jejak Cantik pernah membuat rencana pergi ke beberapa spot wisata di Bandung. Eh, kondisi cuaca hujan, jarak dari satu ke satu lokasi jauh dan sulit mendapatkan transportasi umum. Ya, sudah menikmati waktu di satu spot saja sudah menyenangkan. Habiskan waktu di situ bersantai dan menikmati apa yang sudah ada di depan mata.

 

Jangan Memamerkan Barang Berharga

Solo traveling memang rawan jadi incaran penjahat. Nasib buruk, ketika ada yang berniat jahat dengan kita. Untuk menghindari hal tersebut, bawa uang pas, jangan sering membuka dompet atau tas. Maupun memamerkan barang berharga, seperti perhiasan, smartphone di tempat umum secara berlebihan. Hal tersebut untuk menghindari niat orang jahat.

 

Yups, ini adalah tanggapan Jejak Cantik ketika sudah liburan seorang diri. Ternyata, liburan sendirian itu bisa memberikan rasa bahagia dan belajar tentang perjuangan, kesenangan dan juga kebahagiaan bisa diraih untuk diri sendiri. Menurut kamu, perempuan bisa traveling sendirian?

 



Fill your day with love and step beauty feet



Fun Time it's you......


Artikel Terkait:

Silakan pilih sistem komentar anda

Jadilah orang pertama yang berkomentar!

You've decided to leave a comment – that's great! Please keep in mind that comments are moderated and please do not use a spammy keyword. Thanks for stopping by! and God bless us! Keep Smile and Lovely Day