Serunya Wisata Edukasi Lebah Kelulut Bintan


Jejakcantik.com- Sekarang ini liburan tidak hanya sekedar senang-senang. Sudah banyak tempat yang menawarkan wisata edukasi, salah satunya di Bintan adalah Taman Wisata Edukasi Lebah Madu Kelanceng Gunung Demit. Quotes of the day, “Bersenang-senang dan belajar adalah satu paket untuk menikmati hidup dan menambah pengetahuan.” – Citra Pandiangan.

 

Beberapa waktu lalu, Jejak Cantik berkesempatan untuk mengunjungi wisata edukasi lebah kelulut di Bintan bersama dengan Komunitas Beli Produk Kepri (BeProKepri). Tempatnya berada di Sri Bintan, Kec. Tlk. Sebong, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau. Lumayan perjalanan untuk menuju lokasi. Berhubung kala itu, masih masa corona jadi tersedia tempat untuk menyuci tangan di kedua sisi gerbang masuk ke Taman Wisata Edukasi Lebah Kelulut. Untuk di Bintan, ini merupakan kunjungan pertama Jejak Cantik. Dulu, pernah juga melihat proses panen madu kelulut sewaktu liburan ke Tioman Island, Malaysia.

Serunya Wisata Edukasi Lebah Kelulut Bintan

 

Tentunya, sekarang tidak perlu jauh-jauh untuk belajar mengenai bee alias lebah. Pasalnya, di Bintan sudah ada edukasi mengenai Lebah Kelulut yang diberi nama Gudem Bee Farm. Biaya masuknya untuk saat ini di bandrol Rp10,000.00 per orang. Worth it, karena kita bisa melihat langsung proses panen madu langsung dari sarang.


Lebah kelulut ini berbeda dengan lebah yang lain ya. Lebah nya berukuran kecil yakni 3-4 milimeter dan berwarna hitam. Bahkan lebah satu ini tidak memiliki sengat pada bagian tubuhnya.  Sesuai dengan ukuran lebah yang kecil ini, lebah Kelulut menghasilkan  madu dalam jumlah yang lebih sedikit; bila dibandingkan dengan lebah hutan. Meskipun demikian, lebah kelulut ini menghasilkan propolis yang baik bagi tubuh.

 


Jujur, seru banget jika bisa menghisap madu dari sarangnya langsung. Jejak Cantik sudah pernah melakukannya dua kali, ketika berada di Malaysia, sewaktu mengunjungi wisata lebah yang ada di Malaysia. Cita rasa madu kelulut ini sangat unik, rasa asam dan manis yang segar. Semua itu tergantung dari makanan apa yang dicari oleh si lebah kelulut. Jika kamu beruntung, di Gudem Bee Farm kamu bisa merasakan langsung meminum madu dari sarang lebah.

 

Tidak usah kuatir dan takut akan terkontaminasi penyakit. Pasalnya, staff Gudem Bee Farm akan mengambil madu menggunakan suntikan dan akan menuangkan ke dalam sendok. Wah, rasa madunya asam, manis dan beberapa orang mengatakan ada rasa pahit-pahitnya gitu. Selain belajar mengenai lebah. Tentunya, kita bisa bersantai di beberapa pondok atau spot yang disediakan. Beneran sejuk dan nyaman.

 

Bahkan, kita juga bisa memesan minuman perpaduan madu dan bunga telang, pasti segar dan sehat sambil bersantai bukan? Kita sudah mengetahui manfaat madu bagi kesehatan sangat banyak diantaranya madu bisa digunakan untuk menangkal radikal bebas. Dikarenakan senyawa fitonutrien di madu merupakan antioksidan alami yang  menangkal radikal bebas dalam tubuh.  Tidak hanya itu saja, madu juga bisa untuk meningkatkan imunitas tubuh dan juga menjaga kesehatan jantung. Karena banyaknya manfaat madu, jangan sampai lupa; bawasanya anak dibawah usia dua tahun tidak dibenarkan untuk mengkonsumsi madu ya!  

 

Jujur, sewaktu Jejak Cantik berada di Taman Wisata Edukasi Bintan Gudem Bee Farm ini ketika mencoba menggunakan rest room-nya. Airnya segar banget dikarenakan memang air pergunungan yang digunakan. Sehingga airnya dingin dan menyegarkan. Jadi ingin mandi, dikarenakan belakangan ini memang cuaca kota Tanjungpinang dan Bintan terasa panas menyengat. Nah, siapkan waktu dan rencana untuk mengunjungi Gudem Bee Farm dan sekalian membeli madu hasil dari peternakan lebah kelulut satu ini.

 


Bagaimana menurut kamu, kamu ingin mencoba menikmati suasana santai, bahagia dan mendapatkan ilmu pengetahuan di Gudem Bee Farm? Unuk saat ini Gudem Bee Farm hanya buka pada akhir pekan, mudahan kedepannya bisa buka setiap saat ya. Let’s make the new adventure with family in this place. Find the amazing adventure to get know about nature, especially bee.

 



Fill your day with love and step beauty feet



Fun Time it's you......

Artikel Terkait:

Silakan pilih sistem komentar anda

Jadilah orang pertama yang berkomentar!

You've decided to leave a comment – that's great! Please keep in mind that comments are moderated and please do not use a spammy keyword. Thanks for stopping by! and God bless us! Keep Smile and Lovely Day