Jejakcantik.com- Anda para wanita, atau siapa pun yang mengikuti dunia fashion, pasti sangat tahu dengan kain brokat. Ya, kain tipis bercorak yang biasanya digunakan sebagai bahan kebaya, atasan tunik, gamis brokat, atau yang lainnya. Sebuah jenis kain, yang bisa dibilang kain mewah yang menjadikan baju berbahan dasarnya menjadi pakaian yang anggun dan juga elegan.

 

Apa Sebenarnya Kain atau Bahan Brokat Itu?

Kain brokat, diambil dari Bahasa Italia, yakni broccato, yang memiliki arti sebagai kain yang disulam. Namun, selain Bahasa Italia, beberapa kalangan juga ada yang meyakini bahwa brokat ini berasal dari bahasa Latin, yakni brocarre. 

 

Sebuah kata yang memiliki arti kain yang ditusuk. Nah dari artinya tersebut, kita bisa menyimpulkan bahwa kain brokat merupakan kain yang biasanya dibuat dengan menggunakan teknik sulam. Hasilnya berupa pola-pola rumit. Dari mulai bunga, pola tertentu, atau juga unsur alam yang dibuat menarik.

 

Karakteristik Kain Brokat 

Kain brokat berbeda dari kain biasa. Kain ini sangat menonjol jika dibandingkan dengan jenis-jenis kain lainnya. Berikut ini beberapa karakteristik kain brokat yang menonjol tersebut.

 

Memiliki tampilan mewah dan elegan

Kain brokat memiliki tampilan yang mewah dan elegan. Dari mulai pola sulamnya, bahan dasarnya, hingga aksen penghiasnya. Jangankan sebelum dibuat jadi pakaian, saat masih dalam bentuk kain saja, kain brokat terlihat berbeda.

  

Motif dan warnanya sangat bervariasi

Ini yang jadi karakteristik kain brokat berikutnya. Kain ini punya motif yang sangat banyak. Dari mulai motif alam, motif abstrak, hingga motif modern. Warnanya juga beragam. Dari warna-warna terang, warna-warna kalem, hingga warna-warna gelap. 

 

 

Tidak mudah kusut 

 Tak seperti jenis kain yang lain, kain brokat punya sifat yang tidak mudah kusut. Jadinya jika pun digunakan seharian, atau bahkan berhari-hari, atau malah setelah dicuci pun, pakaian yang terbuat dari kain brokat tak mudah kusut. Karena sifat ini juga jadinya baju berbahan brokat tidak perlu disetrika.

 Teksturnya kasar namun ada bagian yang transparanKain brokat, jika diraba akan terasa kasar. Hal ini terjadi dari bagian kain yang mengalami penyulamannya. Karena kasarnya ini, kain brokat cenderung tidak nyaman saat digunakan. Itu sebabnya kain brokat jarang digunakan untuk pakaian sehari-hari. Dan cenderung digunakan untuk pakaian pesta atau pakaian di event atau momen tertentu.

 

Namun pun begitu, di beberapa bagian yang tidak bersulam, kainnya cenderung transparan. Jadinya saat menggunakan pakaian berbahan dasar brokat, Anda mesti menggunakan pakaian dalaman.

  

Pemanfaatan kain brokat sangat banyak

Walaupun kain brokat banyaknya digunakan sebagai bahan kain untuk membuat kebaya, sebenarnya kain brokat bisa digunakan untuk apa pun. Pemanfaatannya sangat banyak. 

 

Misalnya saja dibuat untuk gaun pesta, untuk model kebaya wisuda, untuk baju bodo, untuk gamis dan tunik, untuk blus, untuk rok, untuk outer, untuk tas pouch, untuk  tas tote bag, dan kini banyak juga digunakan untuk masker wajah.


Pembuatan Kain Broka

Kain brokat memang memiliki bagian yang bersulam. Namun jangan salah, pembuatannya tidaklah berarti disulam secara manual, melainkan menggunakan mesin tenun jacquard. Karena prosesnya ini, kain brokat banyak disebut juga sebagai kain jacquard.

 

Tapi harus diingat juga, tidak semua kain jacquard merupakan kain brokat, sebab alat tenun jacquard sangat banyak digunakan dan multifungsi. Alat ini bisa digunakan dalam membuat produk tenunan lainnya. Misalnya saja brocatelle, kemudian damask, dan lalu permadani serta yang lain-lainnya.

 

Dulu sih iya, kain brokat dibuat secara manual dengan cara disulam. Jadinya harganya sangatlah mahal. Namun setelah dibuatnya mesin Jacquard, kain-kain brokat tersebut dibuat menggunakan mesin. Akibatnya, harga kain brokat tak lagi mahal. Kecuali untuk jenis tertentu. Ada yang hingga kini masih dipertahankan dibuat dengan cara disulam manual.

 

4 Tips Merawat Pakaian yang Terbuat dari Kain Brokat

Kain brokat berbeda dengan kain yang lainnya. Karenanya, perawatannya juga berbeda dengan perawatan pada kain bisa. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk merawat kain atau pakaian yang terbuat dari kain brokat.

 

Pertama, selalu ingat dan baca petunjuk perawatan pakaiannya, yang biasanya ada pada label di baju brokat tersebut. Misalnya cara pencucian, cara pengeringan, dan lain-lain.

  

Yang kedua, selalu perhatikan jenis serat dari benang yang dipakai di kain brokat tersebut.Ada beberapa jenis kain brokat yang dapat dicuci secara manual menggunakan tangan, dan ada juga yang lainnya yang harus dicuci secara dry-clean.

  

Berikutnya, untuk kain brokat jenis tertentu, terutama yang jenis tenunannya rumit, sering kali saat dalam keadaan basah, ukurannya menyusut. Karena hal tersebut, kain brokat jenis ini akan bagus jika dicuci dengan metode dry clean.

 

 Selanjutnya, kain brokat, jika yang bisa dicuci, akan lebih baik dicucinya dengan menggunakan tangan secara hati-hati, menggunakan air dingin, serta menggunakan deterjen ringan.

 

 Yang terakhir, saat mencuci kain brokat, jangan digosok atau dikucek terlalu keras. Dan jangan juga kainnya diperas. Biarkan saja airnya jatuh menetes. Lama-lama kain brokatnya akan bisa kering.

  

Itu dia sekelumit hal mengenai kain brokat. Bagaimana, Anda suka dengan jenis kain ini? Pastinya ya, sebab kain ini mewah dan elegan. Untuk menambah koleksi pakaian brokat, Anda bisa langsung buka aplikasi Shopee. Berbagai macam jenis pakaian brokat tersedia. Harganya terjangkau, kualitasnya pun bagus. Belanja di Shopee memang menyenangkan!

 



Fill your day with love and step beauty feet



Fun Time it's you......


Silakan pilih sistem komentar anda

Jadilah orang pertama yang berkomentar!

You've decided to leave a comment – that's great! Please keep in mind that comments are moderated and please do not use a spammy keyword. Thanks for stopping by! and God bless us! Keep Smile and Lovely Day