museum kapal selam surabaya indonesia

Jejakcantik.com- Menikmati hidup yang membuat hidup penuh makna dengan berkunjung ke daerah atau tempat yang belum pernah dikunjungi. Hidup itu penuh warna dan banyak tantangan. Bisa menikmati nuansa yang berbeda, tentunya memberikan nuansa yang berbeda pada keseharian, dan membuat semangat baru untuk menjalani hari ke depannya. “Perjalanan bukan sekedar berkunjung ke tempat asing yang baru dilihat, melainkan memberikan diri sendiri reward atas kerja keras sepanjang waktu.” - Citra Pandiangan.



museum kapal selam surabaya indonesia


Di akhir tahun 2014, Jejak Cantik pernah meninggalkan jejak singkat di Surabaya, dan berkunjung ke museum kapal selam yang berlokasi di Jl. Pemuda No.39, Embong Kaliasin, Kec. Genteng, Kota SBY, Jawa Timur 60271. Pada akhirnya di bulan Februari 2020 menginjakan kaki kembali di Surabaya. Pastinya tidak lepas untuk berkunjung ke museum kapal selam.



Apa sih keistimewaan Monumen Kapal Selam yang banyak menyebutkannya Monkasel ini. Jejak Cantik kasih tau ya teman-teman. Museum kapal selam ini merupakan kapal selam yang dimiliki Indonesia yang bernama Pasopati 410.  Bahkan, konon kapal selam yang di cat berwarna hijau ini pernah digunakan pada Pertempuran Laut Aru untuk membebaskan Irian Barat dari pendudukan Belanda. Duh, keren banget ya.



Kapal selam ini sangat besar sekali, sehingga tidak heran memang untuk membangun museum kapal selam ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Apalagi dalam kapal selam ini ada 16 bagian yang pastinya seru untuk ditelusuri dengan mata kita sendiri. Pasti ada alasan tersendiri, kenapa kapal selam bekas pertempuran ini dijadikan museum. Pastinya, selain sebagai tempat memperingati keberanian pahlawan Indonesia. Monumen kapal selam ini juga bisa mengingatkan kepada kita, bahwa Indonesia itu merupakan negara maritim terbesar. 



Jejak cantik jadi teringat lagu nenek moyangku seorang PELAUT. Berkunjung ke monumen kapal selam ini banyak untungnya. Apalagi bagi teman yang baru berkunjung ke Surabaya. Pasalnya lokasinya berada di pusat kota, sehingga mudah dijangkau. Bahkan, lokasi monumen ini tepat bersebelahan dengan Plaza Surabaya. Jadi, sehabis explore dan lelah. Bisa istirahat dan kulineran di Plaza Indonesia, bahkan bisa shopping sekalian di sana.



Let's get back to the topic kapal selam ini, monumen kapal selam ini juga ada lho pemutaran film pastinya berkaitan dengan kapal selam dong ya. Nah, film ini bisa ditonton gratis dan ada jadwal pemutaran film ini. Dimana film ini mengisahkan mengenai proses peperangan yang terjadi di  Laut Aru. Apalagi jika teman ditemani pemandu atau guide, pasti teman akan lebih mengetahui dengan pasti mengenai sejarah kapal selam ini.  





Luar biasa bangga ya, museum kapal selam yang ada di Surabaya termasuk museum kapal selam terbesar di ASIA. Keren banget ya, pantesan saja proses dibuatnya museum kapal selam yang bukan replika ya. Ini beneran bekas kapal selam yang pernah digunakan membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Bayangkan saja, proses mendirikan museum kapal selam ini dengan cara dengan memotong kapal selam ini menjadi beberapa bagian, lalu diangkut ke darat, dan dirangkai untuk disambungkan  kembali menjadi kapal selam yang utuh.



Sehingga tidak heran memang, kita bisa melihat bagian isi kapal selam seperti ril atau nyata, mulai ruang komando, ruang komunikasi hingga tempat tidur komandan yang ruangannya itu kecil banget. Duh, seru sekali lho berkunjung ke museum kapal selam.


Apalagi harga tiketnya sangat terjangkau yakni Rp15,000 saja per orang. Seru sekali, buktinya saja Jejak Cantik sudah dua kali berkunjung kemari dan nggak pernah bosan. Bagaimana dengan teman, apakah pernah berkunjung ke Museum Kapal Selam terbesar se-Asia yang ada di Surabaya?


Channel Jejak Cantik



Fill your day with love and step beauty feet



Fun Time it's you......


Artikel Terkait:

Silakan pilih sistem komentar anda

Jadilah orang pertama yang berkomentar!

You've decided to leave a comment – that's great! Please keep in mind that comments are moderated and please do not use a spammy keyword. Thanks for stopping by! and God bless us! Keep Smile and Lovely Day