What to do in Mersing City Malaysia?

explore kota mersing malaysia

Jejakcantik.com- Tahun 2017 lalu, Jejak cantik sempat mampir sejenak di Kota Mersing, Malaysia hanya beberapa jam saja. Pasalnya, memang saat itu tujuannya singgah di kota Mersing untuk mendapatkan kapal ke Pulau Tioman. Quotes of the day, “Tidak usah takut dan ragu untuk melangkahkan kaki. Meskipun, tidak mengetahui tempat tujuan dengan pasti.” – Citra Pandiangan.

 

Siapa sih yang tidak suka untuk melakukan pertualangan sekaligus liburan ke tempat baru? Tentunya, semua orang pasti SUKA. Walaupun, ada yang tidak suka, mungkin hanya 10 persen penduduk di dunia, termasuk Mama aku soalnya. Mama tidak suka melakukan pertualangan. Berhubung covid-19 dan anjuran Pemerintah untuk #Stayathome. Ada baiknya, tetap di rumah dan membuka folder lama. Ketemulah video dan koleksi photo yang masih tersimpan di hardisk eksternal. Sehingga, memutuskan untuk mengulang kenangan pertualangan Jejak Cantik bersama Drama Queen yang mempesona ini.

 

Perjalanan Jejak Cantik ke Tioman Island, Channel Youtube Jejakcantik


Kami tidak tahu kalau di bulan Oktober-November itu bukanlah waktu yang sempurna untuk blusukan ke Pulau Tioman. Namun, Jejak Cantik tetap semangat untuk mencoba pertualangan ke lokasi yang baru. Bermula dari Tanjungpinang ke Malaysia. Dari Johor Bharu ke Mersing kami harus menggunakan bus. Sehingga dari harbor Situlang Laut, kami langsung cap cus ke Terminal Larkin yang berjarak tidak jauh dari lokasi terminal ferry internasional Malaysia.

 Kami membayar tiket sebesar 13 RM per orang dari Johor Bharu ke Kota Mersing (harga tiket di tahun 2017, ada kemungkinan mengalami kenaikan harga di tahun 2020). Perjalanan membutuhkan waktu sekitar 2 jam-an; jika tanpa macet atau berhenti di beberapa spot. Perjalanan menuju Kota Mersing itu melalui hutan karet.

how to visit and explore  mesing city malaysia

Another Story:

Seorang teman dari grup Blogger Kepri pernah pergi ke Tioman Island menggunakan sepeda dari Johor Bharu ke Mersing kalau tidak salah ingat tahun 2018. Kalian bisa intip kisahnya di blognya, kalau tidak salah ingat nama blognya jalan rina. Silahkan di share, Jejak Cantik salut sama wanita satu ini! Pemberani dan suka tantangan, jejak cantik saja naik bus aja masih ada rasa kuatir. Ini wanita, tanpa gentar naik sepeda yang jalurnya itu kebanyakan hutan, sepi dan berliku.

 how to visit and explore  mesing city malaysia

Tiba di Kota Mersing sudah sore, hampir pukul 3 petang. Kami pun langsung mencari tempat penginapan yang sudah di booking via agoda.com Keliling-keliling sampai pukul 4 petang pun tak jumpa lokasi penginapannya. Padahal lihat iklannya di Facebook, tempat ini sangat menarik dan bagus. Nanya, beberapa orang lokal yang kebetulan berpapasan pun. Mereka tidak tahu tempat tersebut! Rupanya, itu ruko yang penginapannya khusus di lantai atas. Jalan tangganya pun kecil dan gelap. Langsung ifeel.


how to visit and explore  mesing city malaysia

Keliling dan mencari beberapa penginapan, kala itu harganya lumayan juga sih. Akhirnya, tiba pada homestay Oman. Harga per kepala masuk di akal hahaha. Maklum, itu sudah jam 04.30 pm; untuk apa sewa penginapan malam. Jika, hanya tidur untuk beberapa jam saja. Pasalnya, info dari masyarakat setempat kapal menuju Pulau Tioman sekitar jam 04.00 am. Jadinya, ya lebih baik penginapan murah untuk meletakan barang dan juga MANDI. Maklum, meski backpacker dan belum ada covid-19 kala itu, kebersihan tetap NOMOR SATU!
how to visit and explore  mesing city malaysia

Dengan waktu singkat seperti itu! Apa yang kami lakukan selama berada di Mersing city? Kami hanya melakukan tiga kegiatan saja, explore harbor atau habour mersing city, jelajahi temple dan menikmati sedikit kuliner selama ada di kota Mersing.

 

1. Kunjungi Pusat Pelabuhan Mersing


Pusat Pelabuhan Mersing di Malaysia ini berfungsi sebagai Pusat Informasi Turis. Oleh karena itu, jika teman memiliki sesuatu untuk ditanyakan tentang feri atau kota itu sendiri, teman bisa pergi ke tempat ini. Bahkan, kita bisa membeli beberapa makanan ringan untuk perjalanan feri di pusat ini. Namun, sayangnya waktu kami ke sana sudah tutup! Jadi, cukup puas untuk mengambil beberapa photo di lokasi Pelabuhan Mersing.


 2 Jelajahi Hock Soon Temple


Awalnya sih kami nggak sengaja jumpa temple Hock Soon. Soalnya, kami hanya jalan-jalan saja. Berhubung bentuk kuilnya menarik perhatian kami. Kami pun masuk ke dalam dan mengambil beberapa photo. Maaf, kala itu sepi dan kami juga nggak tahu kalau tidak boleh memakai celana pendek di sekitar kuil Hock Soon. Rupanya, kuil ini termasuk bagian bersejarah di Mersing dan merupakan salah satu kuil Cina yang paling indah di sekitar kota Mersing.

Kuil ini dibangun dengan gaya Tao. Dan, usianya sudah satu abad. Kuil ini didedikasikan untuk dewa kemakmuran yang dikenal sebagai Tua Pek Kong. Lokasi kuil ini berada di sepanjang Jalan Jemaluang. Dekat bundaran ketika teman datang ke Mersing. Sayangnya, kami nggak sempat mampir ke Kuil Sri Subramaniam.

Kuil Sri Subramaniam adalah kuil lain yang bisa kunjungi di Mersing. Tempat ini sebenarnya dekat Kuil Hock Soon. Teman hanya perlu mengambil jarak pendek ke sisi kiri kuil. Kuil ini sangat terkenal di antara orang India Selatan. Jadi perbedaan temple sangat terasa ketika berada di Mersing.

3 Menikmati Kuliner


Sayangnya, aku tidak sempat menikmati makanan seafood yang terkenal di Mersing. Aku hanya sempat menikmati ice cream dan juga makanan di waroeng mamak yang buka 24 jam. Kami pun hanya memesan satu porsi roti cane. Pasalnya, mau makan nasi juga sudah tanggung. Jam sudah menunjukan Pukul 10.00 pm; jike kekenyangan takut nggak bisa tidur dan harus bangun sebelum jam 040.00 am (subuh) untuk pergi ke pelabuhan mersing dan mendapatkan tiket.

 Seru nggak sih hanya beberapa jam saja explore kota Mersing di malam hari? Seru banget dan rada was-was juga; soalnya siang saja kita bisa kesasar. Apalagi malam hari hahaha. Hal yang menarik di sana banyak sekali burung menjelang magrib. Bahkan, burung-burung mungil tersebut bertengger di kabel listrik! Hati-hati jika berjalan di bawahnya. Bisa terkena bom (poop para burung yang tertidur. Pemandangan yang unik dan baru pertama kali aku jumpai selama kisah pertualangan jejak cantik di beberapa tempat.

 

Cara Menuju Mersing Malaysia


Ada banyak pilihan cara untuk mencapai Mersing. Tidak ada bandara di Mersing. Cara paling populer untuk sampai ke Mersing adalah dengan bus. Layanan Bus ke Mersing bisa melalui daerah atau kota Malaka, Kuala Lumpur, Johor Bahru, dan Singapura.

Di mana sih Kota Mersing di Malaysia itu?

Kota Mersing berjarak 136 km sebelah timur laut ibu kota negara bagian Johor Bahru dan terletak di pantai timur negara bagian Johor, Malaysia.

Tempat Penginapan di Mersing

Mersing memiliki beragam guest house, hostel, dan hotel yang layak. Harga bervariasi mulai 20 RM per kepala (perkiraan harga di tahun 2017, bisa mengalami perubahan harga).

Layak Tidak sih Berkunjung ke Mersing tanpa Nyebrang ke Pulau Tioman? 

Tergantung, jika kamu suka menikmati kuliner laut. Di Kota Mersing menyediakan beragam seafood segar. Pasalnya, para nelayan di Pulau Tioman dan di sekitarnya membawa hasil tangkapan mereka ke Kota Mersing. Sehingga tidak heran, jika banyak sekali restauran yang menyajikan kuliner seafood.

Aman Tidak Traveling Seorang Diri ke Mersing?

Sejauh pengalaman jejak cantik dan teman jejak cantik, sista Vera; kami merasa aman saja menikmati perjalanan ke kota mersing dan menjajaki kota Mersing dengan jalan kaki di malam hari.

 The Bottom of The Line

 Menikmati waktu pelesiran ke kota Mersing, Malaysia adalah pengalaman yang tak terlupakan. Meskipun bisa dikatakan sebagai kota translate bagi turis untuk liburan ke Tioman Island. Mersing memiliki ciri khas tersendiri. Kota kecil yang aman untuk solo traveler maupun backpacker. Meskipun, beberapa penduduk setempat mengatakan Mersing memiliki pantai yang indah. Namun, sayang aku belum sempat melihat lokasi pantai yang ada di Mersing. Namun, explore kota kecil ini sudah di rasa cukup menantang dan menyenangkan!

 




Fill your day with love and step beauty feet



Fun Time it's you......

Artikel Terkait:

Silakan pilih sistem komentar anda

Jadilah orang pertama yang berkomentar!

You've decided to leave a comment – that's great! Please keep in mind that comments are moderated and please do not use a spammy keyword. Thanks for stopping by! and God bless us! Keep Smile and Lovely Day