Jejakcantik.com- Mengintip sejarah perbankan yang ada di Indonesia dengan mengunjungi Museum Mandiri yang berada di Ibukota, tepatnya di Kota Tua, Jakarta, Indonesia. Tidak ada yang salah dengan bangunan kuno yang berada di kawasan tersebut. Quotes of the day, “Menelusuri sejarah bukan berarti kamu KUNO, tetapi kamu memahami arti penting masa lalu dan yang menjadikan kamu seperti masa sekarang ini.” – Citra Pandiangan


Museum bukan lah tempat yang hanya di kunjungi kaum nerd. Melainkan kaum modern untuk mengetahui perbedaan antara masa lalu, masa kini dan masa akan datang. Sebab, perkembangan teknologi dari waktu ke waktu terus bertambah. Tanpa adanya masa lalu, tidak ada masa sekarang ini. Proses menjadikan dunia seperti saat ini, modern dengan pelbagai teknologi yang ada dan menarik. Sama menarik nya, ketika mengunjungi museum mandiri di Jakarta.

 
Museum mandiri tidak jauh dari stasiun Kota tua. Bangunan kuno di kawasan itu masih kental. Bahkan, teman lama aku saja setiap berkunjung ke Jakarta, pasti mampir ke kawasan Kota tua. Meskipun orang Belanda, tetapi masih saja suka mengunjungi bangunan peninggalan nenek moyangnya yang ada di Indonesia. Salah satu bangunan dengan Gaya Europe itu di ahli fungsikan sebagai museum Bank Mandiri. Dari namanya saja, pasti berhubungan dengan Bank Mandiri bukan?


Apa teman sudah pernah mengunjungi museum bank mandiri ini? Kalau Jejak Cantik sudah beberapa kali dan terakhir di tahun 2017 lalu. Waduh, lama sekali dan baru sempat menuliskan sekarang. Lantaran stay at home lebih baik saat ini; mengingat pandemic masih belum berakhir dikarenakan c o v i d - 19 ini. Meskipun begitu, selalu saja lihat sisi baik yang ada. Kalau lihat sisi buruk, perekonomian terpuruk, kegelisahan merajalela, kebosanan menusuk jiwa. Namun, sisi positif nya; teman dan aku bisa menikmati waktu untuk menuntaskan apa yang sudah lama direncanakan. Salah satu nya mengisi tulisan konten jejak cantik mengenai pengalaman atau koleksi photo yang pernah diambil.
Jangan dipandang rendah ya hasil jepret Jejak Cantik kala tahun 2017 silam masih menggunakan ponsel jadul. Sehingga hasil gambar di Museum Mandiri kurang menarik, tetapi pengalaman menjejakkan kaki di museum Mandiri membuat aku sadar pentingnya menjadi diri sendiri dan mandiri!

Ada apa saja di Museum Bank Mandiri?


Baca juga:

Pasti nya di dalam museum ada perlengkapan kuno. Berhubung ini museum sesuai namanya bank, automates di dalamnya museum ada berbagai hal yang berhubungan dengan perbankan tempo dulu. Dimana, pada masa itu, masyarakat Indonesia lebih senang menabung di dalam celengan. Dibanding di Bank. Pasti alasannya, lebih aman dan bisa diambil kapan saja. Padahal di bank sama, nasabah bisa mengambil uang tabungannya kapan saja.

Bahkan kita juga bisa menjumpai berbagai jenis mesin tik pada masa dahulu. Aku sempat menggunakannya pada masa SMA. Apa teman pernah menggunakannya? Nah, balik lagi mengenai koleksi Museum Bank Mandiri antara lain: perlengkapan operasional bank, mata uang kuno (numismatika), Surat berharga dan sebagainya.

 
Jadi apa saja sih perlengkapan operasional bank zaman dulu dimulai dari peti uang, mesin hitung uang mekanik, mesin pembukuan, mesin cetak, kalkulator, safe deposit box maupun aneka surat berharga. Penasaran dengan hasil kamera smartphone seadanya? Harap maklum ya, sebab tahun 2017 aku menggunakan Samsung Ace Note 2 dan Nokia.
 
Explore Museum Bank Mandiri Tahun 2017









 






The Bottom of The Line
 Tidak ada salahnya, sesekali menikmati waktu di Museum. Terakhir ke museum itu tahun 2018, tepatnya ke museum yang ada di Lingga, Kepulauan Riau, Indonesia. Namun, pernah di tahun 2017 aku berkunjung ke Museum Mandiri yang terletak di Jakarta Tua. Eh, kota Tua yang merupakan kawasan wisata yang ada di Jakarta.

Tiket masuk harga museumnya sangat terjangkau hanya Rp5,000 per orang. Tas harus dititipkan kepada petugas, namun barang berharga seperti kamera, smartphone dan juga dompet bisa dibawa masuk. Jadi, tenang saja. Menikmati waktu di museum angkut itu sangat menyenangkan!

Ada banyak hal yang bisa dipelajari, termasuk urusan MENABUNG. Jadi, sejak dulu orang Indonesia gemar menabung, walaupun masih menggunakan tabungan celengan. Era modern seperti sekarang ini, menabung di Bank selain aman juga menjaga kita untuk tidak BOROS. Menurut kamu bagaimana?

Museum Bank Mandiri, Jakarta
Alamat: Jl. Lapangan Stasiun No.1, RT.3/RW.6, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11110
Buka: Selasa - Minggu (Senin tutup dan hari liburan Nasional)
Jam Operasional 09.00 - 18.30
Phone: (021) 6923131

The Map Museum Bank Mandiri Jakarta







Fill your day with love and step beauty feet



Fun Time it's you......

Artikel Terkait:

Silakan pilih sistem komentar anda

Jadilah orang pertama yang berkomentar!

You've decided to leave a comment – that's great! Please keep in mind that comments are moderated and please do not use a spammy keyword. Thanks for stopping by! and God bless us! Keep Smile and Lovely Day