Jejakcantik.com- History will have to record that the greatest tragedy of this period of social transition was not the strident clamor of the bad people, but the appalling silence of the good people -Martin Luther King, Jr. Tidak ada yang namanya sejarah adalah yang indah-indah saja. Mungkin, sejarah percintaan kekasih hati, bisa indah dan bisa juga tragis. Namun, kali ini bukan membahas kisah percintaan seperti Romeo dan Juliet. Melainkan, kisah perkampungan Vietnam yang berada di Batam.



Entah dari mana informasi mengenai kisah angker di perkampungan Vietnam yang berada di Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau, Indonesia. Jejak cantik sudah beberapa kali menginjakan kaki di lokasi Kampung Vietnam, yang merupakan sebuah camp pengusian warga Vietnam ketikak terjadi perang saudara; belasan tahun silam. Lokasi ini seluas 80 hektar dan dibangun pada tahun 1975.  Tentunya, ketika kita berkunjung ke camp Vietnam ini dan melihat sejarah pada masa itu; Perang saudara sungguh mengenaskan. Bagaimana, mereka mencoba menyelamatkan diri dan mengungsi menggunakan kapal seadanya.

 
Bagaimana kejamnya tentara komunis Vietnam yang membuat warga negaranya harus mencari keselamatan diri sendiri; mereka harus menyebrangi lautan Cina Selatan agar bisa selamat dari perang saudara. Tidak hanya satu atau tiga keluarga saja, melainkan ratusan (mungkin) soalnya banyak sekali. Baik orang tua maupun anak-anak dijumpai di pulau-pulau kosong di perairan Riau. Sehingga, mereka dikumpulkan di satu base camp. Dimana, base camp tersebut berada di Kota Batam, khususnya Pulau Galang. Di sana, pada masa itu juga sudah mulai didirikan fasilitas klinik PMI, kantor administrasi dari PBB, bahkan bisa dikatakan sekolah bagi anak-anak Vietnam yang ikut mengungsi orang tuanya. Termasuk, tempat ibadah diantaranya kuil (temple), gereja, dan tempat makam bagi mereka yang meninggal dunia karena terserang penyakit.

 
Lokasi tersebut dipilih karena pada masa itu, Pulau Galang belum ada penghuninya. Sampai saat ini beberapa bangunan pada masa pengungsian warga Vietnam masih berdiri. Walaupun ada yang sudah tinggal puing-puing, karena rusak dimakan waktu. Namun, masih ada yang berdiri kokoh dan rebuilding alias dipertahankan bentuk bangunannya seperti kuil dan gereja.

Berkunjung ke camp Vietnam ini, kita tidak hanya belajar sejarah; tetapi juga melihat pemandangan yang indah. Pasalnya, kita harus melewati jembatan kokoh yang dibangun Alm. Pak Habibi yakni jembatan barelang. Perkampungan Vietnam ini juga menyunguhkan pemandangan mengenaskan dan juga menjadi latar belakang photo yang etnic dan menarik.

 
Biaya masuk ke dalam perkampungan Vietnam ini sangat murah dan terjangkau. Jangan lupa, bawa kacang untuk melemparkan makanan pada monyet liar disepanjang jalan menuju perkampungan Vietnam. Seru banget!
  

Camp Vietnam di Pulau Galang, Batam



















 



 




  
The Bottom of Line
Kita terlahir karena sejarah; sejarah bisa mengubah masa depan menjadi baik atau buruk. Tergantung bagaimana kita melihat masa lalu dan bercermin. Mengambil tindakan yang baik untuk mencapai yang terbaik! Sebab, manusia selalu ingin hidup menyenangkan  dan berbahagia. Walaupun, untuk mencapai kebahagiaan harus melewati pelbagai rintangan dalam hidup.  

 



Fill your day with love and step beauty feet



Fun Time it's you......

Artikel Terkait:

Silakan pilih sistem komentar anda

5 komentar untuk Discover Kampung Vietnam Batam

You've decided to leave a comment – that's great! Please keep in mind that comments are moderated and please do not use a spammy keyword. Thanks for stopping by! and God bless us! Keep Smile and Lovely Day

  1. Kalau gak salah ini korban perang antara Vietnam Utara dan Vietnam Selatan yang kabur melalui jalur laut. Kalau mau ke sini,nyebrangnya dari mana kak jejak cantik?

    BalasHapus
  2. Memang terasa mistisnya sih kak, bahkan sebenarnya tempat ini rencananya dlu mau dijadikan set lokasi film horor

    BalasHapus
  3. Pernah ngobrol ama ibu-ibu yang punya warung di sini.. Dia cerita kejadian waktu syuting acara TV Dunia Lain. Banyak banget cerita horrornya, terutama di bangunan bekas barak ama Rumah Sakit

    BalasHapus
  4. Monyet-monyetnya masih banyak aja ya. Tapi lucu loh memperhatikan tingkah polah monyet-monyet ini sambil netekin bayinya dia makan kacang 😅

    BalasHapus
  5. Udah lama banget aku ga ke sini kak, Aira mistisnya emang terasa, cuma banyak juga spot foto asik di sini. Buat yang suka sejarah juga bagus kalo ke Camp Vietnam ini.

    BalasHapus