Jejakcantik.com-Berpetualang adalah impian setiap orang untuk melihat pemandangan yang menawan dari satu tempat ke daerah yang lain. Salah satu keindahan alam yang jarang diketahui orang luar, khususnya Indonesia adalah Pulau Bintan yang masuk dalam geography Kepulauan Riau. Ada banyak pemandangan yang bisa dinikmati ketika meninggalkan jejak cantik di Pulau Bintan.



Salah  satu pesona Pulau Bintan adalah Pantai Trikora. Pantai Trikora merupakan pantai terpanjang di pesisir Pulau Bintan. Tidak percaya? Nama Pantai Trikora saja sampai ada  5 lho, Pantai Trikora 1 sampai 5 tuh. Selebihnya jejak cantik tidak tahu! Maklum aku hanya penggemar dan penikmat keindahan tanpa menggali sejarah nama, kenapa bisa dibagi-bagi dari Trikora 1 sampai 5. Namun yang menjadi favorite tempat untuk rekreasi adalah Pantai Trikora 3. Karena ada banyak batu-batuan yang mempesona dan pesisir pantai yang landai. Walaupun sesekali, ada gelombang yang kuat dan air laut yang pasang.


Tetap saja tempat Trikora 3 menjadi favorite warga Pulau Bintan untuk bersantai. Ada apa di sepanjang Pulau Bintan, khususnya di Trikora? Mari baca terus blog jejakcantik.com satu ini sampai tuntas ya. Jangan lupa juga, follow untuk mendapatkan update info terbaru untuk bagian luxury di Pulau Bintan dan etnic yang ada di Pulau Bintan yang konon akan menjadi Bali kedua Indonesia. Aku harap demikian.

Museum Bahari Bintan

Museum ini bisa ditemukan di sisi kanan jalan. Memang agak susah masuknya jika mau discover Trikora. Karena terkadang membingungkan pintu gerbangnya buka yang disebelah mana. Terkadang terkesan tutup. Padahal museum itu buka dari jam 09.00 sampai jam 02.00 setiap harinya dan GRATIS lho.

 





 

Bentuk museum Bahari Bintan ini sangat unik dan sudah terlihat dari bangunan berbentuk kapal. Kalau isi di dalamnya pasti berhubungan dengan kehidupan pesisir pantai, nelayan dan kapal. Namun, begitu masuk ke dalam museum, aku dan kamu akan melihat berbagai miniature yang menarik diantaranya adalah tempat penangkapan ikan, kapal pompon, jaring ikan dan market perkampungan suku laut. 

 


 

 
  
Menemukan Kelong di Pesisir Trikora

Pada bulan-bulan tertentu di pesisir Pantai Trikora ada banyak sekali kelong di beberapa pantai Trikora. Kelong ini adalah  alat penangkap ikan atau hasil laut lainnya yang biasanya berada di tengah lautan. Kelong ini sekilas seperti rumah mengapung yang dibuat dari kayu maupun bambu.  Dibawahnya akan terdapat jaring untuk menangkap ikan. Nah, biasanya neh kalau menjelang angin utara kalau tidak salah. Di pesisir pantai trikora mereka akan banyak terlihat, sebab mereka tidak akan membawa kelong ke lautan.



Asyik banget lho melihat hal yang tidak biasa. Namun, kita bisa berbincang dengan pemilik Kelong kalau pas kita kesana, mereka ada di pesisir pantai. Belajar mengenai kehidupan para nelayan kelong khususnya. Pasti seru banget ya! Aku aja ingin merasakan suatu saat nanti terombang-ambing di lautan di dalam kelong seperti apa ya?

Pesisir Pantai Trikora


 



Menjelajahi Pantai Trikora itu seperti melihat pemandangan landscape yang berbeda-beda. Karena pesisir pantai Trikora ini memang yang terluas. Walaupun sekarang sudah tidak bebas lagi. Karena sudah banyak tembok yang menjulang tinggi. Karena sudah menjadi bagian resort atau penginapan mewah. Sehingga ketika jalan ke trikora akan terlihat beberapa titik yang berisi tembok disepanjang jalan. Sedih seh iya, senang juga. Karena pada akhirnya perekonomian di Pulau Bintan akan semakin terangkat dengan ada banyaknya penginapan di pesisir pantai trikora.
  






 

 

Grotto Santa Maria

 


Tidak jauh dari Trikora 3, ada Grotto Santa Maria or orang lokal menyebutnya Goa Maria. Lokasinya berada di sisi kiri jalan. Aku sudah beberapa kali ke Trikora tetapi belum pernah menemukan tempat ini. Aku sampai Tanya dengan teman yang demen hunting photo shoot. Akhirnya menemukan juga. Ada banyak patung yang menarik dan tempat ini memang untuk beragama Katolik. Namun bukan berarti, tidak boleh ditelusuri.


 

Lokasinya sangat asri dan banyak pohon yang rindang. Ketika berpergian sendiri tentu saja ada kesan “scary” tetapi pada dasarnya aman saja. Buang rasa takut itu! Sebab melihat beberapa spot gambar patung mengenai Yesus sangat menarik. Khususnya, gereja imut yang designnya sangat menarik dan ini membuat aku ingin menuliskan dongeng kembali, eh…. Bayangkan saja ada 14 patung yang lokasi dari satu ke satu titik lumayan untuk ditelusuri dan dilihat.


 



Kampung Suku Laut Berakit


Desa Berakit alias tempat kampong suku laut menjadi salah satu destinasi yang paling jauh untuk ditelusuri. Lumayan kalau naik motor bisa sakit pinggang selama dua hari haha… Apalagi jika cuaca tak menentu sampai ke lokasi bisa lama pakai banget. Ada apa di sana? Namanya kampong tentu saja ada perkampungan suku laut. Nah, suku laut yang ada di berakit pada umumnya sudah tidak menjadi “suku laut” yang hidup di lautan dengan menggunakan sampan saja.

 

Di sana juga kita bisa melihat rumah arang yang sudah dikasih atap oleh pemerintah biar tidak rusak. Wah, rumah arang ini benar-benar mirip rumah di kutub utara itu lho, tetapi terbuat dari bata merah hihihi bukan dari salju.




Ada banyak hal yang menarik yang bisa ditelusuri di Pulau Bintan, khususnya discover jalur Trikora. Karena pemandangannya akan membuat kamu jatuh hati. Jadi, wasapada ketika berkunjung ke Bintan satu hari tidak akan cukup untuk bersantai dan menikmati pemandangan yang memposa di pesisir Trikora.

 

Bottom of The Line
Cintailah negeri mu dan kamu akan melihat keindahan di dalamnya. Pesona alam dan keindahan serta perbedaan menjadikan Indonesia kaya akan wisata alam dan budaya. Menelusuri Pulau Bintan, khususnya daerah pesisir Pantai Trikora menemukan banyak sekali titik spot yang menarik untuk ditelusuri. Tidak heran apabila Bintan bisa dikatakan Bali kedua.

Sebab, di Pulau Bintan ada banyak wisata alam salah satu yang mempesona adalah Pantai Trikora yang memiliki banyak sekali batu karang dan pantai yang memiliki pesona tersendiri di setiap sudut. Kamu akan menemukan hal yang berbeda. Agama, walaupun masih radah Melayu bukan berarti tidak saling menghargai budaya dan agama lain. Ada Goa Maria yang bisa dijelajahi. Serta suku laut yang sudah bermukim di Desa Berakit. Bahkan, masih ada peninggalan masa dimana zaman dulu, suku laut membuat arang. Sehingga masih berdiri kokoh rumah arang di Desa Berakit yang menjadi sensasi liburan tersendiri.

Note: photo taken by smartphone xiomi dan samsung
 





Fill your day with love and step beauty feet



Fun Time it's you......

Artikel Terkait:

Silakan pilih sistem komentar anda

Jadilah orang pertama yang berkomentar!

You've decided to leave a comment – that's great! Please keep in mind that comments are moderated and please do not use a spammy keyword. Thanks for stopping by! and God bless us! Keep Smile and Lovely Day