Membaca Cerita Seru Ketika Traveling




Jejakcantik.com- Sudah tidak sabar lagi untuk bisa menikmati waktu keluar rumah dengan tenang dan nyaman. Namun, untuk saat ini dihadapkan dengan pilihan stay at home tanpa resiko terkena covid 19 atau nekad keluar untuk bersenang-senang dengan resiko terpapar corona? Semua tergantung pilihan kita! Nah, dari pada suntuk di rumah dan anak-anak rewel karena bosan, kenapa tidak mencoba mengajak anak membaca cerita seru ketika traveling atau pun berada di rumah. Quotes of the day, “Dengan membaca buku, kita bisa membuka jendela dunia. Hal itu bukan hanya sekedar quote biasa, tetapi kita bisa berpergian dengan membaca dalam angan dan bayangan.” – Citra Pandiangan.

Beberapa kali Jejak Cantik suka memperhatikan turis asing di bandara internasional selalu membawa buku bacaan, tidak hanya orang tua saja tetapi juga anak-anak. Mereka menanamkan menunggu waktu sambil melakukan kegiatan yang bermanfaat, seperti membaca buku. Dibandingkan dengan bermain games di smartphone. Budaya membaca buku bagi anak-anak, bisa di pupuk sejak dini. Sehingga anak-anak menyukai membaca buku.

Apalagi dengan membaca buku ada banyak manfaat yang bisa dirasakan bagi anak-anak di masa sekarang hingga masa depan. Tentunya, covid 19 ini membuat beberapa  biaya untuk membeli buku menjadi nomor list terakhir; dikarenakan pemasukan berkurang sedangkan pengeluaran terus bertambah seiring waktu. Membaca buku tidak mesti harus membeli buku mahal, ada banyak website yang menyediakan bahan bacaan gratis dengan cerita seru yang mampu membuat anak betah membaca.

Salah satunya adalah situs fortigo dancow yang memiliki puluhan koleksi buku bergambar atau picture book yang cocok untuk menjadi bahan bacaan anak. Ada banyak cerita seru dan menarik di situs tersebut yang bisa dibacakan orang tua kepada anak batita baik pada waktu petang maupun malam sebelum tidur. Sehingga imaginasi anak akan terus berkembang.

Terkadang aku penasaran dengan budaya membaca yang sudah ditanamkan sejak dini oleh turis asing pada anaknya. Hal itu tidak serta merta instan, anak gemar membaca. Namun, sebagai orang tua harus menanamkan sejak dini bagi anak mereka. Sehingga tidak heran, ketika menanti pesawat beberapa keluarga selalu menyiapkan bahan bacaan untuk anak; selain anak jadi gemar membaca, anak pun tidak akan merasa bosan apabila jam penerbangan berubah dan sebagainya. Sebab, ada aktivitas yang dilakukan anak; dari pada hanya duduk termenung menunggu waktu.

Taukah, ada banyak sekali manfaat membaca buku? Mungkin tanpa di sadari kita sebagai orang dewasa atau orang tua pentingnya membaca buku; dikarenakan kita sibuk dengan ponsel pintar yang bisa membuat kita jadi tidak “pintar” karena efek radiasi maupun hal-hal lainnya. Sebab, dengan membaca buku (hard book) kita melatih otak untuk mempertajam ingatan dan juga tidak mudah pikun ketika sudah berusia lanjut.

Let’s peek manfaat membaca buku atau Cerita Seru bagi anak
Anak-anak yang sering membaca Buku Memiliki Pandangan Luas
Membaca buku merupakan latihan yang terbaik yang bisa dilakukan oleh semua orang, tidak hanya anak-anak, remaja dan dewasa bisa membuka pandangan dan pemikiran yang lebih luas.
Lagipula, latihan menjadi sempurna dalam hampir semua hal yang dilakukan manusia, dan membaca tidak berbeda.

Membaca melatih otak kita.
Membaca adalah tugas yang jauh lebih kompleks untuk otak manusia daripada menonton TV. Sebab dengan membaca memperkuat koneksi otak dan membangun koneksi baru.

 Membaca meningkatkan konsentrasi
Anak-anak harus duduk diam, sehingga mereka dapat fokus pada cerita ketika mereka membaca. Jika sering membaca, mereka akan mengembangkan keterampilan untuk bisa berkonsentrasi lebih lama.
Membaca mengajarkan anak-anak tentang dunia di sekitar mereka
Membuka jendela dunia di mulai dengan membaca berbagai buku, anak-anak belajar tentang orang, tempat, dan peristiwa di luar pengalaman mereka sendiri.

 Membaca meningkatkan keterampilan kosa kata dan bahasa
Tanpa di sadari dengan membaca buku, anak-anak belajar mengenai kata-kata baru. Sebab, secara tidak sadar, mereka menyerap informasi tentang bagaimana menyusun kalimat dan bagaimana menggunakan kata-kata dan fitur bahasa lainnya secara efektif dalam tulisan dan pembicaraan mereka.

 Membaca mengembangkan imajinasi anak
Ketika kita membaca otak menerjemahkan deskripsi yang kita baca tentang orang, tempat, dan benda menjadi gambaran dalam benak kita. Secara tidak langsung, kita terlibat dalam sebuah cerita, kita juga membayangkan bagaimana perasaan seorang karakter. Anak-anak kecil kemudian membawa pengetahuan ini ke dalam permainan mereka sehari-hari.

 Membaca membantu anak-anak mengembangkan empati.

Ketika anak-anak berkembang, mereka mulai membayangkan bagaimana perasaan mereka dalam situasi itu.

Membaca itu menyenangkan
Sebuah buku atau e-reader tidak memakan banyak ruang dan ringan untuk dibawa, jadi kita bisa membawanya ke mana saja. Sehingga kita juga tidak akan pernah bosan jika memiliki buku di dalam tas kita.

Membaca adalah cara yang bagus untuk menghabiskan waktu bersama
Membaca bersama di sofa atau membacakan cerita sebelum tidur, dan mengunjungi perpustakaan hanyalah beberapa cara menghabiskan waktu bersama. Sekaligus kegiatan yang bermanfaat bagi anak dan juga orang tua.

Anak-anak yang membaca berprestasi lebih baik di sekolah
Membaca mempromosikan pencapaian di semua mata pelajaran, bukan hanya bahasa Inggris. Anak-anak yang suka membaca lebih cenderung untuk bisa mencapai lebih baik di seluruh kurikulum sekolah.

Terus bagaimana menularkan virus membaca bagi anak?
Di mulai dengan diri sendiri, orang tua adalah pedoman anak dalam meniru prilaku keseharian. Jangan sekedar menyuruh anak untuk membaca buku, tetapi anak tidak pernah melihat kita membaca buku. Namun, ajarkan anak untuk membaca buku bersama-sama di waktu petang dan malam. Sebab, virus yang baik adalah do action; bukan sekedar memerintah tanpa memberikan contoh yang nyata bagi anak.

Bagi teman yang sering melakukan perjalanan dengan anak-anak di pelbagai tempat dengan jarak tempuh yang jauh. Pasti tau, bagaimana rasa bosan dalam perjalanan dan menunggu. Dengan mempersiapkan beberapa buku bacaan yang di bawa dari rumah; hal ini bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan dalam perjalanan. Sebab, sahabat yang baik dan setia adalah buku yang selalu tersimpan dalam tas ransel kita.

Fill your day with love and step beauty feet



Fun Time it's you......

Silakan pilih sistem komentar anda

Jadilah orang pertama yang berkomentar!

You've decided to leave a comment – that's great! Please keep in mind that comments are moderated and please do not use a spammy keyword. Thanks for stopping by! and God bless us! Keep Smile and Lovely Day