manfaat kacang tanah bagi kesehatan

Jejakcantik.com- Dulu terasa aneh bagi Jejak Cantik untuk membawa kacang ketika terbang menggunakan pesawat. Sebab, terkadang di dalam pesawat kuping suka mendengung. Dengan mengunyah makanan seperti kacang-kacangan, termasuk kacang tanah sangat membantu meredakan dengungan di telinga yang sangat mengganggu itu! Quotes of the day, “Traveling is nice as long as you know, how to handle the worse moment while holiday.” – Citra Pandiangan.

 

Entahlah ya, jika ada beberapa  pesawat yang melarang mengkonsumsi kacang dikarenakan ada persoalan apabila ada yang mengalami alergi kacang dan mencium aromanya menjadi masalah. Namun, sejauh ini ketika terbang baik domestik maupun internasional walau masih di negara tetangga; mereka memberikan sebungkus kacang untuk teman ngemil selama berada di dalam pesawat. Selain menghilangkan rasa bosan, juga bisa bermanfaat menghilangkan dengungan telinga  ketika berada di dalam pesawat.


Oh ya, taukah teman kalau kacang tanah memiliki banyak manfaat yang baik kita konsumsi? Sejujurnya, jejak cantik pun baru tahu kalau setiap hari kita harus mengkonsumsi kacang-kacangan. Namun harus diingat ya, tidak baik mengkonsumsi kacang secara berlebih. Kali ini, kita bahas dikit yuk manfaat kacang tanah bagi kesehatan.


 Seumur hidup, Jejak Cantik baru pertama kali melihat tumbuhan kacang tanah sewaktu berkunjung ke rumah teman di daerah Rembang. Dimana mereka menanam kacang tanah di kebun belakang rumah. Bentuk daunnya sih biasa saja, tetapi di bawah akar itu kalau sudah siap panen ada banyak sekali biji kacang tanah yang siap di oleh menjadi pelbagai makanan.


Berdasarkan Wikipedia, kacang tanah merupakan tanaman polong-polongan yang berasal dari benua Amerika. Bahkan jenis tumbuhan kacang tanah ini ada dua jenis lho tipe tegak dan menjalar. Nah, apapun itu yang penting wajib di konsumsi setiap hari. Hal itu dikarenakan kacang tanah memiliki kandungan lemak protein yang tinggi, zat besi, vitamin E dan kalsium baik bagi tubuh. Sehingga tidak salah, jika Jejak Cantik selalu mengkonsumsi kacang tanah seminggu tiga kali segenggam hihihi.


 Apalagi manfaat kacang tanah itu ada banyak banget lho; Khususnya dalam menjaga kesehatan kulit. Dikarenakan tadi sempat Jejak Cantik jelaskan Kacang tanah memiliki kandungan vitamin E yang bisa menjaga kesehatan kulit. Sebab, vitamin E itu sangat dibutuhkan bagi kulit untuk membantu pembentukan kolagen, mengurangi peradangan dan meningkatkan kelembaban dan elastisitas kulit.

 

Selain itu juga kacang tanah sangat bagus dalam memperbaiki sel-sel tubuh. Hal itu dikarenakan kacang tanah merupakan sumber protein nabati yang baik. Namun perlu digaris bawahin, jejak cantik dan teman pasti berbeda dalam hal memenuhi kebutuhan protein. Jadi, konsumsi kacang-kacangan juga bebeda. Namun, tidak ada salahnya mengkonsumsi dalam batas atau jumlah sedikit. Sebab, protein sangat penting dalam membangun dan memperbaiki sel-sel dalam tumbuh.


 Nah, biasanya bagi yang ingin menurunkan berat badan ada baiknya mengkonsumsi kacang-kacangan termasuk kacang tanah sebagai salah satu cemilan wajib. Hal itu dikarenakan kacang tanah memiliki lemak sehat dan serat yang baik bagi tubuh.


Sehingga dengan mengkonsumsi kacang tanah dengan jumlah yang tepat bisa membantu kita dalam menjaga berat badan yang sehat. Hal itu bukan tanpa alasan, berdasarkan hasil penelitian wanita yang mengkonsumsi kacang-kacangan, termasuk kacang tanah memiliki resiko lebih kecil dalam mengalami kenaikan berat badan dibanding mereka yang tidak mengkonsumsi kacang-kacangan. 

 

 Yang paling penting mengkonsumsi kacang tanah dalam jumlah yang tepat sangat bagus untuk menjaga fungsi jantung. Namun, kalau diingat-ingat sewaktu alm. Papa masih hidup; Papa suka sekali mengkonsumsi kacang-kacangan, apalagi kacang *** **** sehari bisa habis bungkus kacang yang besar. Rupanya, makan berlebihan tidak baik juga bagi kesehatan. Ya juga sih, hal yang berlebihan memang tidak baik bagi kesehatan. Dikarenakan itu, porsi kacang yang di konsumsi juga harus pas takarannya biar tidak jadi toxic dalam tubuh. Sebab, jumlah yang dibutuhkan tubuh PAS dan tidak lebih ataupun kurang.

 

Tidak heran, aku jadi suka mengkonsumsi kacang tanah dan membawanya sebagai teman perjalanan kalau di dalam pesawat. Selain membantu mengatasi rasa bosan, juga membantu masalah kuping mendengung ketika berada di dalam pesawat. Banyak yang pernasaran jumlah takaran yang pas untuk mengkonsumsi kacang bagi setiap orang berapa banyak? Nah, kenapa tidak mencoba konsultasi di Halodoc saja! Sudah tahukan mengenai halodoc, aplikasi yang memudahkan kita buat konsultasi dokter via online. Bahkan kita bisa konsultasi tanpa harus tatap muka via chatting lho. Halodoc ini sangat membantu banget, bagi aku yang suka berpergian dan menghadapi persoalan dengan penyakit sederhana tetapi ribet!


Dulu, aku punya pengalaman sakit diare dan tidak kuat untuk pergi ke dokter. ya tinggal konsultasi via aplikasi halodoc dan di kasih resep pun mudah, kita juga bisa menebusnya dengan menggunakan gojek lho. Bahkan, biaya konsulitasi di halodoc ini sangat terjangkau sekali dan lokasinya bisa disesuaikan dengan tempat kita liburan atau tinggal. Semudah sosial media yang ada di dalam genggaman teman lho.

 

Fill your day with love and step beauty feet



Fun Time it's you......

Artikel Terkait:

Silakan pilih sistem komentar anda

Jadilah orang pertama yang berkomentar!

You've decided to leave a comment – that's great! Please keep in mind that comments are moderated and please do not use a spammy keyword. Thanks for stopping by! and God bless us! Keep Smile and Lovely Day