Jejakcantik.com- Mencengah lebih baik daripada mengobati. Sebenarnya, Jejak Cantik suka sekali jalan-jalan. Terkadang suka kesal, ketika mau makan; eh sabun di tempat restauran sudah habis. Bahkan, ada beberapa warung makan kecil menyediakan sabun batangan dan sudah agak dekil (baca: kotor). Namun, aku lebih senang menggunakan sabun milik sendiri. Sehingga tidak heran, jika aku suka membawa sabun batang dalam tas aku. Hal itu bukan tanpa alasan, pernah bawa sabun cair. Eh, entah sejak kapan tutupnya terlepas dan semua isi di dalam tas jadi berantankan. Quotes of the day, “I don’t work out as much as I should, but I do believe that it’s a healthy mind as well a healthy body that keeps me fit, sound and calm.” – Naomi Campbell.




Kebersihan pangkal dari iman. Aku setuju banget, bagaimana dengan kalian? Dulu, aku sering bawa cairan sanitasi di dalam tas aku. Aku suka gunakan sebelum makan. Hingga suatu ketika, aku membaca artikel mengenai tidak baik menggunakan cairan sanitasi. Lebih baik mencuci tangan terlebih dahulu, sebelum makan. Lebih bersih dan sehat. Entahlah, yang mana menurut kalian yang benar. Teman aku, suka cerewet sekali jika aku malas mencuci tangan sebelum makan. Duh, bisa panjang sekali ceramahnya.


Pada suatu hari, aku terkena diare waktu liburan di Puncak, Bogor. Dari situ, aku mulai memikirkan bagaimana agar aku tetap sehat dan tidak kuatir. Apabila di restauran atau warung makan tidak tersedia sabun untuk mencuci tangan. Akhirnya, aku mengambil keputusan bijak untuk diri aku sendiri. Aku membawa sabun cair dalam ukuran botol kecil. Taukah kamu, ribetnya jika tanpa di sadari sabun itu keluar dari wadahnya dan membuat semua isi dalam tas berantakan. Duh, kesal banget kan!


Awal mulanya, aku suka melihat di kamar hotel sabun batangan kecil terletak di dekat wastafel cuci tangan. Di situlah, ide untuk membawa sabun batangan hadir dalam pemikiran aku. Walaupun, awal mulanya aku sempat keki dan malu; jika mengeluarkan sabun itu dari dalam tas aku. Apalagi jika di restauran itu juga ada orang yang sedang cuci tangan. Apa coba yang dipikirkan orang tersebut. Namun, safety first lebih baik. Dibanding sakit perut karena diare. Oh… No! Cukup sekali sudah si kuman diare ini merusak liburan aku yang singkat. Jadi, tidak bisa apa-apa.


Sejujurnya, kalian tidak perlu malu melakukan hal yang baik dan benar untuk diri sendiri. Apalagi di era kasus covid-19 ini berajalela. Nah, bawa sabun cuci tangan kamu sendiri lebih bagus. Uniknya lagi, teman aku ini paling demen membawa sabun batangan untuk mandi lho. Jarang, aku melihat dia menggunakan sabun cair untuk mandi. Pasti dia membawa dua sampai tiga sabun batangan. Apabila liburan panjang! Idih, gak gaul kan? Begitu pemikiran aku. Namun, dia menepik dan memberikan alasan yang masuk logika sih.

 Menurut pendapat teman aku ini yang suka menggunakan sabun batangan untuk mandi. Dia bilang sabun batang yang berkualitas itu terbuat dari bahan-bahan premium seperti minyak zaitun, shea butter, dan minyak esensial nabati. Sedangkan sabun cair untuk mandi itu seperti deterjen yang disamarkan dalam bentuk busa dan gelembung. Dimana gelumbung dan busa tersebut ada bahan kimianya yang bisa menyebabkan kulit jadi kering. Bahkan bisa mengganggu keseimbangan pH alami kulit.

 
Keuntungan menggunakan sabun batangan itu hemat. Sebab, sabun batangan itu tahan lama. Apalagi jika sabun batangan yang kamu pilih menggunakan bahan alami. Sehingga kualitasnya bertahan lama dan mudah kering di udara terbuka. Bisa digunakan sebulan lebih. Namun, tergantung ukuran ya. Kalau beli sabun batangan ukuran kecil, ya bisa cepat habis juga haha. Nah, paling penting sabun batangan itu bisa membuat kamu menjadi bagian dari GO GREEN. Sebab, mana ada sabun batangan menggunakan botol plastik.  

Apalagi jika kalian termasuk orang yang peduli terhadap bumi yang sudah mulai menumpuk sampah plastik. Salah satu langkah bijak dengan menggunakan sabun batangan sebagai solusi bijak menjaga kebersihan diri. Mandi dengan sabun batang juga sama menyenangkannya dengan mandi sabun cair. Bahkan, sabun batangan tidak membuat kulit kalian jadi mudah kering.

  
Jadi, kamu sudah memutuskan ingin menggunakan sabun yang mana? Nah, apabila teman merasa artikel ini bisa memberikan inspirasi untuk membawa sabun batangan di dalam tas dan menjadi teman perjalanan yang setia untuk tetap menjaga diri kalian bersih. Boleh dong di share di sosial media. Share is caring. 

cuci tangan sebelum makan


The Bottom of Line
Cara mudah membawa sabun batangan dalam tas keseharian dengan memotongnya dalam bentuk ukuran kecil. Kemudian di simpan ke dalam pastik zig zag yang bisa digunakan berulang. Walaupun sabunnya sudah habis, plastiknya masih bisa digunakan terus. Selama tidak rusak!
Mencuci tangan dengan menggunakan sabun lebih baik.   




Fill your day with love and step beauty feet



Fun Time it's you......

Artikel Terkait:

Silakan pilih sistem komentar anda

1 komentar untuk Sedia Sabun Batang, Ketika Traveling

You've decided to leave a comment – that's great! Please keep in mind that comments are moderated and please do not use a spammy keyword. Thanks for stopping by! and God bless us! Keep Smile and Lovely Day

  1. setuju banget, aku juga selalu bawa sabun batangan ketika travelingn karena selain irit sabun batang juga ngga menimbun sampah

    BalasHapus